Sabtu, 04 April 2015

library trip


PERPUSTAKAAN SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

9 Maret 2015 bersama dengan kedua teman saya sepulang kuliah jam pertama mengunjungi daerah umbul harjo dengan tujuan melakukan ke Perpustakaan SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Kedatangan kami diterima baik oleh pustakawan disana yang kebetulan merupakan alumni dari kampus kita mas Teguh begitu kami memanggilnya.
Perpustakaan Daarul Ilmi yang beralamat di Jl. Veteran Gg. Bekisar No. 716 Q Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta ini semenjak berdiri belum memiliki gedung khusus akan tetapi perpustakaan ini hanya menempati ruang kelas yang memang saat itu di perutukan sebagai ruang perpustakaan. Awal kedatangan Saya sempat dibuat terpukau dengan banyaknya siswa yang sangat antusias menghabiskan waktu untuk membaca di perpustakaan di jam istirahat karena kami dating pada jam makan siang.
Jujur saya memang sangat terpukau sampai bengong karena minat baca mereka sangat tinggi bila dibandingkan saya yang berstatus sebagai mahasiswa dan sudah 19th mengarungi kehidupan yang selalu bergelombang ini kadang naik kadang turun dan kadang berbadai (aduH malah curhat).
Meskipun kondisi perpus lesehan tapi sangat terasa nyaman dengan beberapa kipas angina di setiap ujungnya yang membuat kunjungan saya kali itu terasa “moh lungo” hehe
Eniweii beberapa foto nih :









PERPUSTAKAAN BALAI BAHASA YOGYAKARTA

Sudah 2x menginjakkan kaki di perpustaaan dengan koleksi puluhan manuskrip, yap perpustakaan balai bahasa Yogyakarta yang terletak di jl I Dewa Nyoman Oka 34, Yogyakarta atau masuk daerah seputaran Kotabaru. Satu yang membedakan perpustakaan ini dengan perpustakaan lain yang pernah saya kunjungi yaitu jenis layanan yang dipakai “close acess” atau layanan tertutup dimana ketika kita ingin meminjam koleksi disana melalui kertas order dan ibu pustakawannya yang mengambilkan dan memberikan kepada kita, perpustakaan dengan koleksi bahan pustaka yang bahkan usianya lebih tua dari saya ini cocok dikunjungi disini kalian akan merasakan atmosfer perpustakaan yang sesungguhnya, nyaman tenang dan damai (jika bukan rombongan) layanan disinipun cukup memuaskan kita dating disambut pustakawan yang ramah dan juga membantu saya untuk mendapatkan apa yang saya cari yaaah meskipun kita hanya bisa membaca ditempat tanpa boleh dibawa pulang karena koleksi disini langka dan kondisi juga harus kita jaga dengan kehati-hatian.









Perpusda Muntilan

Terletak di Jl. PMI Muntilan sebelah TK kiri jalan (untuk alamat lupa nomornya hehe). Saya terbilang sering mengunjungi perpustakaan ini yaa hanya sekedar membaca baca koleksi majalah terbaru, Ruangan terbilanhg tidak begitu luas namun cukup nyaman dan cukup tenang untuk dikunjungi apalagi koneksi wifi disini “wusss wusss” begitu saya bilang. Terakhir kali mengunjungi masih sebagian input data peminjaman manual namun pustakawan disini cukup cekatan dan ramah.


Perpustakaan SMA MUHAMMADIYAH 1 Yk
 Peerpustakaan di SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA ini memiliki nama Perpustakaan Darussakinah terletak di Jl. Gotong Royong II, Petinggen, Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta. Lokasi berada di lt 2 diatas ruang guru.
Kunjungan di perpustakaan darussakinah dilakukan pada saat semester 2 kira-kira, Bangunan dan perabotan didalam sangat memadai namun untuk jenis koleksi masih terpaku pada koleksi koleksi buku pelajaran saja dan terkesan monoton, namun untuk tingkat kenyamanan ruang baca cukup nyaman karena dilekola oleh 3 orang staff perpustakaan dan 1 orang staff magang.


Perpustakaaan kota Yogyakarta
Hari gini belum pernah ke perpusda ? belum sah jadi mahasiswa jogja.
Ini nih salah satu tongkrongan para pelajar dan mhasiswa selain kafe kafe hitz yang sedang trend hahaha yaa tidak memungkiri meskipun kunjungan hanya untuk sekedar wifian gratisss secara koneksi wifi disini cukup kenceng laah dan lokasi strategis di belakang took buku paling hitz yaitu gramedia jogja tempat pemborosan uang anak kosan yang demen novel.  
Pelayanan disini kita lebih banyak mandiri, dating sudah disediakan opac untuk membantu mencari buku yang diperlukan, dan terdapat pula layanan bank buku bagi siapa saja yang akan menyumbangkan bukunya untuk kemudian diberikan kepada yang membutuhkan baik untuk program pembinaan minat baca ataupun yang lain. 


nb : untuk foto bisa menyusul :p

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimakasih atas ulasannya Mbak..
Silahkan kunjungi juga blog kami di http://lib.smpit-abubakar.sch.id/2015/05/perpustakaan-daarul-ilmi-di-mata_27.html

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar